TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR — Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat, Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel akan memasukkan nilai integritas dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan pada SD hingga SMA.

Dimasukannya nilai-nilai kejujuran itu dalam mata pelajaran sebagai bentuk pencegahan korupsi sejak dini.

Dimasukkannya nilai integritas dalam setiap mata pelajaran merupakan hasil dari pelaksanaan training of trainer (ToT) integritas yang diselenggarakan KPK bekerjasama dengan IGI Sulsel di Makassar, pekan lalu. ToT ini diikuti 60 guru dari sejumlah kabupaten di Sulsel.

Nilai integritas tersebut akan disisipkan guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).

“Nilai integritas ini disisipkan pada setiap mata pelajaran. Tidak hanya mata pelajaran yang berkaitan dengan moral dan akhlak seperti pendidikan pancasila atau pendidikan agama. Selama ini, kan dianggap hanya bisa disisipkan pada kedua mata pelajaran itu. Pada mata pelajaran lain bisa disisipkan, misalnya pada mata pelajaran kimia dan biologi,” kata staf Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK Dian Rachmawati saat berkunjung ke Redaksi Tribun, Minggu (24/7/2011).

Dian datang bersama dengan staf Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK lainnya, Sandri Justiana dan Masagung Dewanto. Turut serta dalam kunjungan ini Ketua Umum IGI Sulsel Muhammad Ramli Rahim. Mereka diterima Manajer Produksi Cetak Tribun Timur Misbahuddin Hadjdjini.

Staf Direktorat Pendidikan dan Pelayanan KPK ini menjadi instruktur dan pelatihan ini. “Tugas kami memang memberi pendidikan antikorupsi di berbagai jenjang pendidikan. Melalui ToT ini diharapkan menjadi awal yang sangat baik bagi pencegahan korupsi di Indonesia,” ujar Sandri.

KPK dan IGI Sulsel berinisiatif untuk membuat kotak kejujuran dan kotak tersebut akan dipasang di setiap sekolah. Jika ada barang yang hilang, maka orang yang menemukannya memasukkannya ke dalam kotak tersebut.(*)
Tribunnews.com, 24 Juli 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>